Search

Translate

Friday

Mengapa kita harus belajar menjadi lebih bijaksana?…


Topik motivasi ini adalah motivasi hidup dalam Kebijaksanaan…sering kali kita mendengar bahkan mendapat ceramah atau nasehat tentang apa itu bijaksana atau bagaimana sikap yang bijaksana itu. Atau kita juga disarankan untuk merubah sikap kita menjadi lebih bijaksana. Tidak semua orang sama, tidak semua orang mau mendengar dan tidak sedikit pula yang acuh mengenai sikap bijaksana.

Bijaksana berarti hal yang dilakukan dengan tepat sasaran. itulah definisi sederhana yang bisa kita ambil, bisa berupa sikap, keputusan dan langkah selanjutnya dengan apa yang kita lakukan untuk mengurangi dampak negative yang bisa timbul.

Menjadi bijak tidaklah mudah, perlu usaha dan kemauan. Perlu perubahan yang timbul dari diri sendiri. Sehingga pengalaman adalah guru kebijaksanaan bagi kita. Karena sering kali kita berubah karena kita merasakan sendiri pengalaman tersebut atau mendengar pengalaman orang lain. Dan mulai merancang hal-hal kedepan dengan lebih baik dan hati-hati agar tidak terulang lagi atau hal buruk tidak terjadi pada diri kita. Manusia lebih mengarah pada contoh yang nyata…pengalaman yang nyata dan benar-benar terjadi karena hal tersebut lebih teryakini. Jadi jangan heran kalau kita memberi nasehat pada orang lain, tapi mereka tidak memberi respon yang baik…mereka hanya kurang mengerti…bukan tak mau tahu..

Ok, kita kembali ke masalah sebenarnya…lhoo..yang tadi emang bukan ya?…hmmm..bukan, itu hanya mengenai kebijaksanaan..kan judulnya belajar menjadi bijaksana….ayo kita mulai dengan tanya jawab…

Q: Mengapa kita harus belajar menjadi lebih bijaksana?…

J: Supaya penyesalan tidak datang terlambat.

No comments: